7 Cara Hidup Hemat Untuk Menabung, Perhatikan Prioritas Pengeluaran

Sehingga salah satu cara untuk menghemat uang setiap hari adalah dengan mengendalikan perilaku impulsif tersebut dengan membuat perencanaan yang matang sebelum memutuskan untuk membeli barang. Selain itu, kamu juga perlu dukungan ethical dari orang-orang terdekat untuk bisa hidup hemat, terlebih di masa-masa sulit kaya sekarang. Kamu bisa baca-baca artikel gimana caranya hidup hemat ataupun baca kisah-kisah sukses orang yang dimulai dari perjuangan yang berat dan keras. Agar kamu bisa lebih menghargai setiap uang yang dimiliki dan ngga gampang mengeluarkan uang untuk hal yang sebenarnya ngga terlalu penting buat hidup kita. Kamu juga bisa mencari aktivitas lain untuk membunuh waktu dibandingkan berbelanja online yang jelas bukan cara hidup hemat. Dengan masa pandemi yang tak jelas kapan berakhirnya, kita memang terpaksa harus menerapjan cara hidup hemat.

Saran Cosmo, lebih baik gunakan uang tunai untuk transaksi sehari-hari. Jangan hanya gunakan kartu kredit untuk bertransaksi saja, manfaat juga reward-nya! Setiap kartu kredit punya berbagai macam reward yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari diskon untuk transportasi on-line, free of charge menonton, purchase one get one free, hingga fasilitas upgrade kelas saat naik pesawat atau kereta. Untuk menghemat ongkos, sebaiknya hanya menyalakan alat-alat listrik jika dibutuhkan.

Ingatlah bahwa tidak ada yang salah dengan sesekali menghabiskan hal-hal yang disukai. Namun pastikan Moms dan Dads menyisihkan uang untuk ditabung, ya. Yang paling simple biar kita ngga kegoda beli barang barang dari ecommerce ya kurang kurangin deh buka aplikasi market atau kalau perlu uninstall dulu sementara waktu. Bukan hal yang mudah memang untuk menyusun anggaran keuangan bulanan ini. Karena sudah pasti butuh perhitungan dan pertimbangan yang cermat dan matang pada saat penyusunan anggaran secara tepat. Selain itu, penggunaan semacam ini akan banyak menguras daya listrik.

Hal yang bisa dilakukan ketika kita sedang berhemat

Apabila Moms dan Dads sulit mengontrol diri dari belanja impulsif, memiliki kartu kredit dapat menyebabkan pengeluaran berlebihan yang tidak direncanakan. Gunakan kartu kredit dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan, sehingga Moms dan Dads tidak akan terlilit hutang. Jangan biarkan perangkat elektronik menyala dalam keadaan ditinggal. Hal ini bertujuan untuk menghemat energi dan meminimalisir kemungkinan terjadinya konslet listrik.

Hindari kebiasaan memainkan ponsel selama masa pengisian daya baterai. Jangan terlalu sering mengisi daya ponsel agar tidak merusak baterai dan ponsel. Untuk menghemat masa pakai baterai, coba untuk tidak menggunakan navigasi dalam waktu yang lama, tidak menonton video dan tidak memainkan game dengan kualitas grafis yang tinggi. Beberapa ponsel Android dilengkapi dengan penghemat baterai atau mode daya rendah. Pada anak-anak dan remaja, perilaku impulsif juga bisa terlihat dari kecenderungan untuk mengganggu teman atau orang di sekitarnya, tidak bisa diam, atau sulit berkonsentrasi di kelas.

Cara untuk menghemat energi berikutnya adalah dengan mulai menggunakan perangkat elektronik pada rumah yang hemat daya. Sebagai contoh, carilah penanak nasi yang berkapasitas sesuai dengan jumlah anggota keluarga Anda agar daya yang dikeluarkannya tidak terlalu besar dan sesuai dengan yang dibutuhkan saja. Bukan cuma itu, gaya hidup minimalis pun bisa membuat kamu jadi lebih hemat. Jadi, barang-barang yang kita pakai bukan berdasarkan dari keinginan tapi kebutuhan.

Akan tetapi, bila sikap impulsif tersebut sering terjadi dan merugikan diri sendiri maupun orang lain, hal ini perlu diwaspadai dan ditangani dengan tepat. Melalui metode psikoterapi tersebut, pasien akan dibimbing dan dilatih untuk mengurangi perilaku impulsif serta meningkatkan kemampuannya dalam berpikir sebelum bertindak. Dengan mengubah pola pikirnya, pasien akan mampu mempertimbangkan dampak dari setiap tindakannya.