Peluang Ekspor Kopi Di Tengah Pandemi, Pemprov Jatim Bakal Beri Kemudahan Akses

Konsekuensinya adalah volume impor kedelai yang relatif tinggi dari waktu ke waktu yang terus meningkat atau secara relatif mencapai hampir 70 persen dari kebutuhan nasional. Berbagai program untuk meningkatkan produsi kedelelai sudah dilauncurkan oleh pemerintah. Bahkan sasaran pencapaian swasembada kedelai sudah ditetapkan, tetapi karena berbagai hambatan maka sasaran tersebut belum tercapai.

“Jangan sampai luwak itu kelaparan. Jika sampai kelaparan kopi hijau pun dimakannya, jika ini terjadi kualitas kopi menjadi jelek. Luwak yang tidak kelaparan hanya makan biji kopi yang benar-benar masak,” katanya. Dia menyatakan sebenarnya permintaan dari luar negeri cukup banyak, tetapi lewat pihak ketiga. Exportir harus memiliki Phytosanitary Certificate yaitu surat karantina dari Departemen Pertanian. Mekanisnya kopi diserahkan terlebih dahulu ke Departemen Pertanian dan jika dinyatakan aman dari hal-hal yang membahayakan, departemen tersebut akan menerbitkanPhytosanitary Certificate ini.

Tentu ini capaian yang luar biasa, mengingat banyak negara sedang melewati masa sulit. Di lain pihak, informasi tentang pasar global juga minim bisa diakses oleh pelaku usaha. Jadi masih banyak UMKM yang harus melakukan pembenahan sebelum bisa melakukan ekspor. Permasalahan terkait potensi ekspor kopi yang potensiasl tapi belum maksimal ini tentu butuh penjelasan lebih lanjut. Ekspor kopi akan membuat jaringan penjualan produk menjadi lebih luas lagi. Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun, mengungkapkan pihaknya akan berupaya meningkatkan ekspor kopi dari lereng gunung Merapi atau yang dikenal dengan Kopi Merapi.

Membuat ekspor kopi

“Tak hanya kopinya yang diminati, orang juga banyak yang berminat menjadi ahli kopi atau menjadi barista. Bahkan barista dari Tanah Air banyak yang diminta untuk bekerja di berbagai belahan dunia,” ucapnya. Pihaknya menyarankan, kopi dengan kualitas premium yang harus digenjot dalam segi penjualan atau show. Dirinya mencontohkan dalam industri gadget, ponsel yang paling mahal yang selalu didiplay di depan dibandingkan dengan ponsel yang low finish.

Dari data pun terlihat adanya kecenderungan permintaan kopi di beberapa negara yang stabil dan meningkat, seperti Eropa, Amerika Serikat dan Mesir. Walau bukan produk unggulan ekspor Indonesia, kopi dan furnitur adalah jenis produk yang sangat potensial berdaya saing di pasar internasional. Pasalnya, nilai ekspor kopi pada tahun 2019 mencapai USD 1,forty eight M, naik 6,93% dibanding tahun 2018. Sedangkan ekspor furnitur pada Januari – Agustus 2020, nilainya surplus sebesar 1,19 miliar dolar AS, atau naik 3,98% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019 (1.14 miliar dolar AS). Hingga saat ini, lanjut Irman, ekspor kopi robusta masih berjalan walaupun restoran, resort, dan kedai kopi harus tutup di tengah wabah COVID-19. Penutupan tempat umum ini membuat para pedagang dan distributor kopi harus beralih menjual produk kopi secara daring atau melalui sistem pesan antar ke rumah.

Saat ini, juga sudah dilakukan pendataan pasar internasional yang dapat menjadi sasaran ekspor potensi komoditi unggulan. Yaitu, berupa sektor perikanan, sarang burung walet, kopi serta beberapa produk hortikultura dari wilayah Bengkulu. KBLI berfungsi untuk menyeragamkan aktivitas ataupun kegiatan usaha di Indonesia menjadi sebuah klasifikasi yang bisa digolongkan. Standarisasi atau penyeragaman ini menjadi acuan untuk pendaftaran legalitas seperti di Akta Perusahaan ataupun NIB . “Meskipun Pemerintah Meksiko menerapkan bea masuk yang cukup tinggi untuk produk kopi dari luar, hal tersebut tidak membuat kami menyerah. Ini karena kopi Indonesia memiliki rasa yang eksotik dan mengambil posisi di degree premium.

Ada dua produk kopi yang diekspor CV Frinsa Agrolestari, yaitu kopi jenis specialty espresso yang dihasikan para petani milenial dan kopi puntang dengan excessive commercial dari para petani senior. Rusiyati, pemilik brand kopi Kinanthi menjelaskan, saat ini ia tengah dalam proses pengurusan merek dagangnya agar bisa melakukan ekspor kopi celup ke negara lain. Selama ini merek dagang Kinanthi ternyata telah digunakan oleh produsen kopi dari Singapura, sehingga pihaknya harus mengganti merek tersebut. “Peluang ekspor kopi dan olahan kopi Jawa Timur masih sangat luas. Pemerintah siap memberikan dukungan dan pendampingan bagi para pelaku usaha untuk bersama-sama memulihkan kinerja perekonomian.” ucapnya.

Tersangka J, berperan meracik kopi yang sudah dicampur dengan ekstasi yang digerus sekaligus membeli ekstasi yang tidak laku di tempat hiburan sedangkan sang istri, MC berperan mengantarkan barang narkotika itu ke para konsumen. Selain itu, tambah J, hasil penjualan kopi bercampur pil ekstasi oplosan tersebut ditransfer ke berbagai rekeningnya. Melansir Intisari-online.com, Timor Leste yang berdiri sebagai negara sendiri tentu melakukan ekspor. Ekspor kopi di Indonesia pada periode Januari-Juli 2021 tercatat senilai 400,ninety six juta Dolar AS dengan pangsa pasar terbesar ke Amerika Serikat , Mesir , Jepang , Malaysia dan Italia .

Upaya pemerintah mengendalikan harga-harga pangan, dilakukan oleh Kementerian Pertanian dengan memotong rantai pasok pangan yang semula 7-8 pihak menjadi hanya 3-4 pihak. Diharapkan dengan berkurangnya pihak-pihak terkait dalam rantai pasok, harga pangan dapat turun. Salahsatu bentuk implementasi ke arah itu, Kementerian Pertanian telah melakukan gebrakan dengan meresmikan ratusan Toko Tani Indonesia di berbagai wilayah di Indonesia. TTI pada dasarnya merupakan bagian dari mannequin Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat .