Webinar “mengenal Dunia Ekspor

Sebagai Contoh, Indonesia tidak mempunyai produk gandum, sehingga agar bisa memenuhi kebutuhan gandum dalam negeri, maka Indonesia harus mendatangkan produk gandum dari negara lain yang mampu menghasilkan gandum. Seluruh barang yang hendak diekspor akan selalu mempunyai ketentuannya sendiri tergantung dari jenis barang tersebut. Tidak semua masyarakat atau individu mampu melakukan ekspor karena mereka harus mengikuti beberapa prosedur yang harus diikuti.

Dunia ekspor

Tidak hanya tingkat pertumbuhannya, tetapi juga skalanya yang mencengangkan, dengan meningkatkan taraf hidup lebih dari 1,three miliar penduduknya, atau sekitar 20% dari populasi dunia. Melihat besarnya populasi China, tak dapat diragukan lagi China telah menjadi kekuatan ekonomi utama dunia setelah Amerika Serikat. Negara arahan Xi Jinping ini mampu untuk menguasai berbagai lini industri mulai dari komunikasi, komputer, otomotif, hingga barang elektronik. Selain itu produk hasil laut seperti perikanan budidaya dan rumput juga masih belum dieksplorasi lebih jauh.

Benny menyebut satu komoditas yang potensial yaitu minyak atsiri yang menjadi bahan baku minyak wangi. Kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Barito, Barito Kuala, Kalimantan Selatan, Rabu (1/9). Badan Pusat Statistik mencatat nilai ekspor Indonesia sepanjang Agustus 2021 mencapai 21,42 miliar dolar AS. Meningkatnya penggunaan baterai juga mendorong peningkatan bahan baku, sehingga negara yang memiliki sumber bahan baku baterai seperti Indonesia akan memegang peranan sangat penting. Di sektor otomotif, Indonesia memiliki target sebagai ekspor hub kendaraan bermotor, baik untuk kendaraan berbasis bahan bakar minyak (internal combustion engine/ICE) maupun kendaraan listrik (electrical vehicle/EV). “Saat ini sudah ada peta jalan pengembangan kendaraan listrik yang meliputi rencana pengembangan industri komponen utama EV berupa baterai, motor listrik dan inverter,” ujar Febri.

John J. Capella dalam bukunya yang berjudul Export and Import For Dummies mengatakan jika ada dua keuntungan dalam melakukan impor barang yaitu menemukan barang dengan harga yang murah dan kualitas mewah. Membeli produk dari luar negeri memungkinkan seorang pengusaha mendapatkan harga yang lebih murah atau bahkan menemukan produk baru yang belum dijual di dalam negeri. Adapun pengembangan agribisnis tanaman hias dan benih sayuran ini tentunya akan menumbuhkan lapangan pekerjaan baru di setiap elemen rantai pasok, termasuk di dalamnya adalah pengembangan dan perbanyakan bibit berteknologi melalui kultur jaringan. Selain itu, inovasi teknologi, pengembangan lahan produksi, standarisasi dan sertifikasi produk perlu ditingkatkan dan menjadi fokus utama.

Badan Pusat Statistik merilis data yang menunjukkan angka ekspor Indonesia ke Cina dan Amerika Serikat mengalami pertumbuhan pada periode Januari-Mei 2018. Artinya bahwa Indonesia belum menerima dampak buruk yang signifikan akibat perang dagang antara dua negara raksasa ekonomi dunia tersebut. Selama Mei 2018, ekspor Indonesia ke Cina mencapai 2,093 miliar dolar AS atau tumbuh 15,37 persen dibandingkan April 2018, yakni 1,814 miliar dolar AS. Sedangkan, knowledge ekspor Indonesia ke Amerika Serikat pada Mei 2018 tercatat sebesar 1,574 miliar dolar AS atau naik 10,03 persen dari bulan sebelumnya, yakni 1,430 miliar dolar AS. Anwar menjelasakan, selama bulan kemerdekaan lalu, Balai KIPM melakukan 836 kali pengiriman ke luar negeri. Produk-produk tersebut pun diekspor ke fifty three negara tujuan di berbagai belahan dunia.