Karakteristik Seorang Pemimpin

“Setiap pemimpin memiliki tantangan dan masalahnya sendiri meskipun tantangan atau masalah tersebut tidak berdiri sendiri, akan tetapi rangkaian masa lalu dan juga masalah saat ini yang harus dipecahkan sekarang. Seorang pemimpin memang ditakdirkan untuk memecahkan masalah, makanya seorang pemimpin harus mau dan berani melakukan tindakan untuk memecahkan masalah, selain itu seorang pemimpin harus memiliki kemampuan berfikir sistemik,” imbuhnya. Selain itu sebagai negara yang beragama kita juga harus membekali anak kita dengan kepercayaan kepada Tuhan agar tidak menjadi pemimpin yang ‘kebelinger’. Karena kita sebagai bangsa Indonesia dengan dasar Pancasila, pada sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa pada dasarnya keimanan kepada Tuhan merupakan pedoman hidup bagi setiap orang.

Selain itu, dengan adanya komunikasi yang baik antar pemimpin dan karyawan, maka akan bisa menghindari adanya perbedaan pendapat dan juga kesalahpahaman yang bisa menyebabkan kerugian dalam menjalankan bisnis. Setiap pemimpin harus mampu membangun komunikasi yang baik pada setiap karyawannya. Dengan sering berkomunikasi nya seorang pemimpin dengan timnya, maka akan lebih memudahkan mereka dalam memahami maksud dan tujuan yang akan diberikan. Karakter pemimpin yang adil akan membuat setiap karyawan merasakan keadilan yang ada dalam diri pemimpinnya. Untuk itu, jangan sampai ada kecemburuan sosial pada setiap karyawan yang bisa menimbulkan terhambatnya bisnis yang sedang Anda lakukan. Meskipun memiliki banyak kelebihan, sang pemimpin tidak menjadikan hal itu sebagai alat untuk menyombongkan diri.

Sebuah watak menjadi pemimpin

Anda bisa mulai meminta masukan dari bawahan karena itu menjadi salah satu sumber perilaku dan sikap yang baik. Manusia tercipta sebagai makhluk sosial yang artinya manusia ditakdirkan untuk saling bekerja sama dalam mencapai tujuan hidupnya untuk memperoleh hasil yang maksimal. Sebagai pemimpin, kita harus mampu membangun kerja sama dengan menyatukan perbedaan yang ada. Komunikasi mempunyai peran penting dalam memengaruhi pikiran setiap individu.

Tidak ada seorang pun yang menaruh respek kepada seorang pribadi yang berbicara mengenai permainan yang baik, namun dirinya sendiri gagal untuk bermain seturut peraturan permainan yang ada. Apa yang dilakukan seorang pemimpin mempunyai dampak yang lebih besar atas mereka yang dipimpinnya daripada apa yang dikatakannya. Seseorang dapat lupa 90% dari apa yang dikatakan oleh seorang pemimpin, namun dia tidak akan melupakan bagaimana sang pemimpin itu hidup. Apabila kita berbicara mengenai integritas pada hari ini, kita mengacu pada term-term yang berhubungan dengan etika, moralitas, keotentikan, komitmen, namun yang kita butuhkan adalah suatu pemahaman yang jelas tentang konsep integritas. Integritas berurusan dengan keutuhan dan nurani seorang pribadi – kualitas karena benar terhadap diri sendiri. Jack Welch, dalam bukunya yang berjudul “Winning” mengatakan, “integritas adalah sepatah kata yang kabur .

Di sini standing daripada yang melaksanakan aktivitas manajemen didasarkan atas kekuasan yang berkaitan dengan hak milik. Kekuasaan tersebut kemudian didelegasikan/dilimpahkan kapada si manajer. Jadi wewenang dari si manajer berasal dari hak untuk menggunakan harta si pemilik kearah yang telah ditetapkan oleh si pemilik.

CEO Shark Branding Daymond John dalam sebuah artikel menyebutkan bahwa pemimpin harus tetap berpikiran terbuka dan menjadi fleksibel. Penting untuk memiliki rencana dan tujuan di awal, tetapi tidak harus statis. Pemimpin dapat bersifat laksana Api , yang bersifat tegak dan tidak pandang bulu. Kata-kata dapat dipegang, konsekuen dan penuh tanggung jawab atas semua perbuatannya. Ia bersifat adil, tidak pilih kasih, siapa yang salah dihukum dan siapa yang berhasil diberi penghargaan. Pertama “konlik terjadi karena saling ketergantungan”, dalam menjalankan tugasnya antara unit yang satu dengan yang lainnya saling ketergantungan, sehingga terjadi kompetisi dalam memperebutkan otonomi dan koordinasi.

Hal itu juga meliputi kejahatan yang dilakukan secara fisik dan kejahatan intelektual. Dia akan menerapkan hukumnya bahkan sampai pada anggota keluarganya. Tidak ada orang yang bisa lolos dari jerat hukum jika dia melakukan kesalahan. Oleh karena itu, terus-menerus dilakukan jackpot online uang asli upaya untuk memburu para penjahat; penjara pun dibuka lebar untuk menghukum para penjahat. Lewat cahaya matahari makhluk di bumi mampu hidup dan beraktivitas. Senantiasa mendapat energi dari matahari, memungkinkan makhluk hidup untuk tumbuh dan berkembang.

Tidak perduli seberapa baik pekerjaan mereka, yang penting selesai alias sekadar menggugurkan kewajiban. Sedangkan pemimpin melihat deskripsi pekerjaan mereka sebagai minimal. Pemimpin lebih melihat peran nyata mereka sebagai nilai tambah dan mereka menambahkan kapan pun dan dimana pun mereka melihat kesempatan.

Seorang pemimpin harus mencapai serta mampertahankan kepercayaan orang lain. Dengan sebuah surat keputusan, maka seseorang dapat diberikan kekuasaan besar tetapi hal tersebut tidak secara otomatis membuatnya menjadi seorang pemimpin dalam arti yang sebenarnya. Kepemimpinan adalah kekuasaan untuk mempengaruhi seseorang, baik dalam mengerjakan sesuatu atau tidak mengerjakan sesuatu, bawahan dipimpin dari bukan dengan jalan menyuruh atau mondorong dari belakang.

Nilai-nilai kepemimpinan menjadi asset penting bagi bangsa Indonesia untuk mendapatkan figur-figur pemimpin yang perfect kelak kemudian hari. Oleh karena itu, sangat penting untuk menanamkan nilai-nilai kepemimpinan itu kepada generasi muda sebagai generasi penerus bangsa. Menjadi seorang pemimpin harus dapat menjadi function model bagi bawahannya. Untuk menjadi role mannequin yang baik seorang pemimpin harus memiliki hal yang khusus yang jarang dimiliki & punya sifat yang lebih menonjol daripada yang lainnya yang tentunya positif. Apalah artinya seorang yang tidak konsisten dan kelincahan tetapi bawahannya lebih bisa mencapai konsisten & kelincahan tersebut dalam setiap prosesnya. Tentu sebagai pemimpin ,pemimpin harus bisa bersifat terbuka terhadap sesuatu yang baru .